Tips Mencetak Poster untuk Promosi, Ini 5 Rahasia yang Harus Kalian Diketahui

tips mencetak poster

Sudah tahu belum cara mencetak poster untuk promosi? Media pemasaran simpel memang banyak diminati oleh pemilik usaha. Selain harganya murah proses cetaknya juga mudah tidak ribet seperti menggunakan neon box atau sejenisnya.

Poster menjadi salah satu pilihan yang cukup populer, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri media promosi ini terus eksis sampai sekarang.

Jika kalian tertarik untuk mencetak poster sebagai media promosi dan marketing, ada baiknya untuk menyimak tips berikut. Kami akan jelaskan apa saja bagian penting yang harus kalian perhatikan saat membuat poster.

Ingin Mencetak Poster untuk Promosi? Jangan Lewatkan 5 Hal Penting Ini

Sama seperti layaknya cetak brosur dan media promosi sejenis. Anda tidak bisa asal print.

tips mencetak poster promosi jualan

Harus paham dulu apa yang mau di promosikan, bagaimana pemilihan gambarnya, dan tulisan yang sekiranya menarik bagi pembaca. Cek penjelasan berikut untuk mengetahui cara mencetak poster yang bagus.

1. Tentukan Warna yang Pas

Warna menjadi bagian penting untuk tampilan sebuah poster. Ada baiknya untuk menyesuaikan poster dengan warna branding bisnis, minimal gunakan 2 perpaduan warna jangan terlalu banyak kesannya akan kurang bagus dilihat.

Kesannya sepele, padahal ini penting. Menggunakan perpaduan warna yang salah bisa membuat poster Anda terlihat kurang profesional, tidak menarik, lebih buruknya lagi sulit dibaca calon konsumen.

Contoh dari penggunaan warna yang pas pada poster misalnya bisnis penjualan tas. Warna latar berwarna coklat, font atau tulisannya putih jangan hitam karena ini akan mengurangi keterbacaan teks-nya.

2. Desain Gambar yang Menarik

Desain gambar pada poster sebaiknya jangan polosan, tapi buatlah dengan desain yang kira-kira bisa membuat orang merasa “Wah!” saat melihatnya.

Kesan pertama itu penting, jika poster yang Anda buat tampilannya sudah membosankan siapa yang mau datang ke toko atau tertarik menggunakan layanan Anda?
Gambar bagusnya original dan resolusinya juga tinggi untuk memastikan gambarnya tidak pecah saat di print.

Desain gambar poster bisa kalian buat di software gratisan seperti Inkspace, Canva, dan sejenisnya. Untuk desainer profesional mungkin lebih terbiasa menggunakan Adobe Ilustrator.

Baca juga: Ini 4 Media Percetakan untuk Kebutuhan Promosi

3. Pilih Font yang Bagus dan Mudah Dibaca

Selain gambar, poster juga menunjukkan teks promosi atau bahasannya copywriting.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan font yang Anda pilih saat mendesain poster bisa mudah dibaca dan tidak menyulitkan calon pelanggan.

Selain itu, cantumkan informasi secara singkat dan jelas jangan terlalu panjang. Poster ini biasanya di tempel di luar toko atau bangunan, jarang yang mau membaca tulisan panjang di poster.

Rekomendasi font bagus dan mudah dibaca versi Harvestprinting:

  • Alfa slab one
  • Abril fatface
  • Luckikest guy
  • Bungee

4. Sesuaikan Ukurannya

Selain ketiga hal di atas, jangan lupa juga untuk menentukan ukuran poster yang tepat. Ukuran kertas poster mempengaruhi penempatan gambar, penyesuaian posisi teks, dan lain sebagainya.

Jika ukurannya terlalu besar, Anda mungkin akan kesulitan untuk menyesuaikan isi poster.

Sementara itu, jika terlalu kecil juga repot informasi teks dan gambar menjadi tumpang tindih kurang nyaman dibaca. Berikut ini rekomendasi pilihan ukuran poster yang bisa kalian pilih:

  • Ukuran poster besar: 61 x 91 cm
  • Ukuran poster medium: 46 x 61 cm
  • Ukuran poster kecil: 28 cm x 43 cm

5. Jenis Kertas yang Digunakan

Kertas yang bagus untuk print poster adalah art paper, tebal kertas pas tidak terlalu tipis bisa digunakan untuk poster dalam ruangan atau luar ruangan. Umumnya poster hanya di cetak satu sisi saja, jadi bagian belakangnya kosong.

Alternatif lainnya dari art paper bisa menggunakan beberapa jenis kertas berikut:

  • BW Carton, kertas ini mirip dengan art paper. Hanya saja tidak memantulkan cahaya. Cocok untuk menempel poster dalam ruangan indoor
  • Art carton, jenis kertas tebal yang tidak mudah sobek dan awet. Tebal dari kertas ini mulai dari 190 gsm sampai dengan 400 gsm
  • Albatros, kertas poster yang menggunakan bahan semi plastik. Cocok untuk ditambahkan laminasi glossy agar hasilnya lebih mengkilap dan bagus

Itu dia beberapa tips yang bisa kalian coba untuk mencetak poster promosi. Butuh poster dalam jumlah banyak untuk kebutuhan ini? Hubungi Harvest Printing, kami menyediakan layanan cetak poster dengan harga murah dan terjangkau mulai dari Rp 10.000 per lembar!