Apa Itu Kertas Art Paper? Ini Penjelasan dan 5 Contoh Produknya

kertas art paper

Saat berada di percetakan seringkali kita bisa memilih jenis kertas mana yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya HVS, ada juga kertas art paper, tapi apakah kalian sendiri sudah tahu jenis kertas yang satu ini?

Kertas art paper adalah salah satu kertas percetakan yang mempunyai kualitas cukup bagus. Saat kita pegang agak tebal dan terkesan premium dan mahal, tidak mengherankan jika jenis kertas ini banyak yang menyukainya.

Selanjutnya, mari kita lihat seperti apa karakteristik, variasi ketebalan, sampai produk percetakan apa saja yang memakai kertas ini.

Karakteristik Kertas Art Paper, Beneran Lebih Bagus?

Permukaan kertas art paper sedikit lebih halus dan mengkilap di kedua sisinya. Tampilannya memang eksklusif, bagi yang tidak

mau pilih kertas HVS karena kesannya murahan bisa memilih ini sebagai alternatifnya. Saat di print menggunakan mesin digital printing, kertas ini mampu menghasilkan warna yang tajam.

Selain itu, kertas ini juga hadir dengan variasi tebal yang berbeda-beda, beberapa di antaranya yaitu: 85 gsm, 100 gsm, 115 gsm, 120 gsm, sampai 150 gsm.

Untuk meningkatkan kualitasnya, kalian juga bisa menambahkan laminasi doff atau glossy pada permukaan kertas ini.

Menurut kami kertas art paper memang lebih bagus dibandingkan dengan HVS. Kualitasnya terbukti karakteristik kertas yang tebal dan berkualitas, membuat artpaper menjadi salah satu andalan kertas di pusat percetakan.

5 Jenis Produk Populer yang Dicetak dengan Kertas Art Paper

Setelah mengetahui karakteristik dari kertas art paper, mungkin kalian penasaran sebenarnya apa saja yang bisa dibuat dengan bahan kertas ini? Untuk memperjelas hal tersebut silahkan simak penjelasan ini.

1. Kalender

Kebanyakan kalender zaman now menggunakan kertas art paper sebagai bahan pembuatannya. Jenis kertas ini bisa dengan mudah digunakan pada kalender dinding dan kalender meja berapapun ukurannya.

Kalender yang dibuat dengan kertas ini cenderung lebih awet dan tidak gampang robek. Tampilanya juga terlihat sebagai bagus, cocok untuk cetak kalender sekolah, kalender perusahaan, dan promosi.

2. Poster

Selain kalender, kertas ini juga bisa kita gunakan untuk pembuatan poster-poster gambar berukuran kecil atau besar.

cetak poster art paper

Poster biasanya di print untuk keperluan dekorasi ruangan atau informasi pengumuman. Poster yang terpasang dengan kertas ini lebih bagus dan terkesan premium. Dengan menambahkan finishing glossy, poster tampak lebih unik dan berkesan.

3. Brosur

Selanjutnya, ada brosur produk percetakan sejuta umat yang banyak digunakan untuk kebutuhan promosi perusahaan. Brosur yang di print dengan kertas ini juga tampak lebih meyakinkan daripada brosur dengan HVS. Ya, bahkan sebelum orang-orang membaca isi brosur kalau kualitas kertasnya bagus pasti kesannya lebih menarik.

4. Majalah

Selain ketiga produk di atas, art paper juga banyak yang menggunakannya untuk mencetak majalah berwarna. Biasanya majalah ini rilis mingguan atau bulanan menyesuaikan dengan frekuensi cetaknya. Kertas ini sangat cocok untuk print majalah, gambar yang ditampilkan tampak lebih HD dan jelas, warna lebih tajam membuat orang-orang lebih betah membaca majalah tersebut.

5. Company Profile

Terakhir, art paper juga cocok untuk mencetak produk percetakan yang super penting seperti company profile. Anda bisa menampilkan informasi lebih lengkap mengenai perusahaan dan hasil print juga tampak lebih bagus dan nyaman dibaca.

cetak company profile art paper

Cetak company profile memang tidak bisa memilih sembarang kertas, karena produk ini nantinya akan kita berikan ke calon klien untuk memperkenalkan perusahaan secara profesional.

Anda bisa menambahkan finishing laminasi doff untuk membuat company profile lebih terkesan eksklusif dan berbeda dari jenis kertas biasa.

Keunggulan Kertas Art Paper yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

Mengapa kertas ini begitu populer dalam percetakan? Alasannya karena jenis kertas ini punya banyak keunggulan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Sulit menyerap kotoran, karena termasuk jenis coated paper yang terlapisi dengan baik sehingga kotoran seperti debu tidak gampang nempel
  • Lebih awet dan tidak mudah rusak cocok untuk penggunaan jangka panjang
  • Tidak mudah basah saat terkena tetesan air dan cepat kering
  • Hasil cetakan memunculkan warna yang lebih tajam, sehingga warna lebih keluar
  • Tampilannya premium dengan harga yang relatif terjangkau dan murah
  • Ada banyak pilihan ketebalan tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan

Demikian penjelasan mengenai kertas art paper dalam percetakan, semoga bisa menjadi referensi bagi pembaca yang ingin memilihnya.

Sebagai informasi tambahan di percetakan Surabaya Harvest Printing kertas art paper menjadi salah satu pilihan utama, kami melayani percetakan kalender, brosur, poster, map folder, company profile dengan jenis kertas tersebut. Hubungi admin untuk pemesanan lebih lanjut.